Makalah Tentang Menjaga Kesehatan Jantung

Makalah Tentang Menjaga Kesehatan Jantung | Oke pada kesempatan kali ini kami akn memberikan sebuah contoh makalah dengan tema kesehatan. Tepatnya yaitu tentang kesehatan jantung. Di dalam makalah ini akan dijelaskan apa itu penyakit jantung, gejala gejala penyakit jantung dll.

Bagi Anda yang membutuhkan makalah ini, Anda dapat mendownloadnya atau mengkpinya sesuai dengan kebutuhan anda. Makalah dibawah ini sangat cocok dijadikan sebagai referensi bagi anda. Langsung saja simak makalah kesehatan jantung dibawah ini.


Makalah Tentang Menjaga Kesehatan Jantung


Kata Pengantar


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Menjaga Kesehatan Jantung” 

Jantung adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kataYunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.

Maka karna itulah, kesehatan jantung adalah hal yang terpenting yang harus dijaga. Karna bila kita ingat kembali bahwa penyakit jantung adalah penyebab paling utama kematian di dunia.

Dan dalam makala ini, saya akan membahas bagaimana cara untuk menjaga kesehatan jantung kita. Namun tidak hanya itu saja, tetapi ada beberapa tentang teori jantung.




Daftar Isi 



Kata Pengantar………………………………………………………. i
Daftar Isi………………………………………………………………… ii
BAB I Pendahuluan………………………………………………… 1
1.1 Latar Belakang……………………………………………….. 1
1.2 Tujuan Penulisan…………………………………………….. 1
1.3 Manfaat Penulisan…………………………………………… 1
1.4 Sistematika Penulisan……………………………………  2
BAB II Pembahasan…………………………………………………3
BAB III Penutup………………………………………………………7
Daftar Pustaka…………………………………………………………8

BAB I

PENDAHULUAN



A. Latar Belakang

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, mengingat jantung sebagai organ utama dalam saluran peredaran darah.

Dari itu penting bagi kita untuk melakukan pencegahan dini agar tidak mengalami gangguan ke depannya.

Jantung merupakan organ utama dalam menentukan hidup manusia dan sentral organ yang menentukan reaksi kinerja organ tubuh yang lain. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi kita terutama yang sudah menginjak usia 40 tahun ke atas untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

B. Tujuan Penulisan

  • Menjaga kesehatan jantung

C. Manfaat Penulisan

a. Memahami bagaimana menjaga kesehatan jantung
b. Mengetahui cara-cara menjaga kesehatan jantung
c. Mengetahui gejala-gejala penyakit jantung


D. Sistematika Penulisan

Adapun sistematika penulisan makalah ini yaitu:
a. Kata Pengantar 
b. Daftar Isi
c. BAB I Pendahuluan yang terdiri dari Latar Belakang, Tujuan, Manfaat, danSistematika Penulisan
d. BAB II Tinjauan Teoritis yang berisi mengenai Konsep Menjaga Kesehatan Jantung
e. BAB III Kesimpulan
f. Daftar Pustaka.



BAB II

PEMBAHASAN



Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, mengingat jantung sebagai organ utama dalam saluran peredaran darah. Dari itu penting bagi kita untuk melakukan pencegahan dini agar tidak mengalami gangguan ke depannya.

Jantung merupakan organ utama dalam menentukan hidup manusia dan sentral organ yang menentukan reaksi kinerja organ tubuh yang lain. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi kita terutama yang sudah menginjak usia 40 tahun ke atas untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Waspadai Nyeri Dada

Rasa nyeri pada bagian dada seringkali dianggap remeh dan diabaikan oleh sebagian orang. Bahkan, ada persepsi bahwa keluhan fisik itu merupakan tanda-tanda masuk angin yang bisa diatasi dengan mudah. Padahal, nyeri pada dada itu bisa jadi merupakan gejala seseorang menderita penyakit jantung.

Ada beberapa keluhan penyakit jantung yang sering diabaikan masyarakat hingga akhirnya penyakit yang diderita bertambah parah. Sejumlah keluhan terutama pada usia 40 tahun ke atas yang patut diwaspadai sebagai gejala penyakit jantung adalah:
  • Nyeri dada.
  • Berdebar-debar.
  • Cepat letih. 
  • Sesak nafas.
  • Ada riwayat sering pingsan.
  • Sesak nafas bila tidur terlentang.
  • Beberapa organ tubuh membiru.
  • Perut dan bagian kaki membengkak.
Gejala lain yang dialami ketika seseorang terserang penyakit jantung adalah rasa nyeri yang hebat disertai muntah. Tempat nyerinya ada pada bagian belakang tulang dada, kemudian menjalar ke leher dan bahu. Lokasi lain adalah dari dada menjalar ke rahang, kemudian ulu hati dan di daerah punggung di antara kedua belikat.

Mengatur Pola Hidup.


Untuk mengurangi resiko di atas, hendaklah dilakukan pencegahan diantaranya dengan mengatur pola hidup. Tingkat stres dapat memicu hormon adrenalin abnormal, dimana hormon ini merupakan salah satu hormon yang merangsang atau menstimulasi tekanan darah tinggi sehingga membebani kerja jantung.

Untuk pencegahan ini, maka perlu ada perubahan pola hidup yang lebih baik dengan melakukan aktivitas positif yang tidak mengundang masalah berat dan mengurangi tingkat stres. Tidak hanya itu saja, pola kebersihan tetap perlu dijaga, baik untuk pribadi maupun lingkungan seperti rumah yang bersih.

Mengatur Pola Makan.


Selain pola hidup, hal yang perlu diperhatikan sebagai pencegahan utama adalah pola makan terutama pada usia di atas 40 tahun. Diusahakan untuk mengkonsumsi makanan yang seimbang antara karbohidrat, lemak dan protein. Semuanya itu dapat disusun melalui Piramida pola makan. Urutannya adalah karbohidrat kemudian protein dan sayur-sayuran, selanjutnya minyak dan lemak.

Pada konsumsi karbohidrat harus diatur sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kebutuhan kalori di masing-masing umur.

Kurangi Lemak.


Lemak, khususnya lemak hewani, yang tertimbun dalam tubuh merupakan penyebab besar gangguan jantung. Kelebihan lemak di dalam darah terutama kolesterol dan trigliserida, yang dikenal dengan gangguan dislipitdenia, meyebabkan terjadinya kolesterol teroksidasi di dalam darah.

Oleh karena itu, perlu mengurangi kadar lemak dalam darah. Walaupun dikatakan merupakan salah satu penyebab gangguan jantung, namun konsumsi lemak tidak boleh ditiadakan sama sekali, mengingat keberadaan lemak merupakan pelarut yang baik bagi hormnon dan enzim.


Olahraga.

Pencegahan lain yang dapat dilakukan adalah dengan berolahraga ringan seperti jalan cepat dan berenang selama satu jam dan dilakukan tiga kali dalam seminggu sehingga dapat mempertahankan fungsi normal jantung.

Dengan berolahraga dapat meningkatkan metabolisme lemak yang diubah menjadi energi dan panas sehingga menghindari penumpukan, lemak pada dinding pembuluh darah.

Untuk menjaga jantung tetap sehat, harus juga didukung asupan vitamin dan meineral untuk membantu proses metabolisme tubuh. Hal ini juga bermanfaat bagi penderita jantung dengan komplikasi diabetes melitus. Sebab, vitamin dan mineral membantu menetralisir asam lemak pada dinding pembuluh darah, sehingga tidak mengganggu kinerja jantung.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang paling utama yang harus kita lakukan , karna jantung adalah organ terpenting dalam tubuh kita. Namun, tidak ada salahnya jika kita menjaga kesehatan organ-organ lain.

Penutup

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

Daftar Pustaka

1.http://www.bp4klaten.com
2.http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Jantung
3.http://athearobiansyah.blogspot.com/2007/09/menjaga-kesehatan-jantung.html
4.http://www.e-smartschool.com



Demikian lah contoh makalah kesehatan jantung. Semoga makalah yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Bagi anda yang membutuhkannya silahkan download saja makalah tersebut melalui link di bawah ini. 

0 Response to "Makalah Tentang Menjaga Kesehatan Jantung"