Latest News

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Mudah Dihafal


Contoh Pidato Singkat Tentang PendidikanPidato memanglah sering kali kita perlukan dalam kehidupan, apa lagi bila kita adalah orang yang mempunyai jabatan yang utama. Pidato sendiri sesungguhnya mempunyai banyak type, ada pidato mengenai hari kemerdekaan, pidato mengenai bagaimana caranya menangani global warming, pidato mengenai hari kartini, pidato mengenai pendidikan serta ada banyak lagi. Kesempatan ini lewat artikel singkat ini saya bakal memberi satu contoh pidato dengan topik pendidikan. 

Pidato seperti ini umumnya jadikan pekerjaan oleh beberapa guru, umumnya guru bhs Indonesia menyuruh muridnya untuk mencari teks pidato di internet lalu membacakannya di depan kelas. Kebanyakan orang mungkin saja tau kalau dengan pendidikanlah bangsa ini dapat semakin maju, dengan pendidikan kita dapat lebih pandai dengan pendidikan juga kita dapat jadikan negara ini negara maju. Tanpa ada berlama-lama simak contoh pidato dengan bhs Indonesia yang bertopik pendidikan berikut ini, berhubung saya orang islam jadi bakal saya mulai dengan bacaan salam. 

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan I


Assalamualaikum wr wb. Yang terhormat, bapak kepala sekolah smp Suka Maju. Yang terhormat, bapak ibu guru dan staff. Yang tercinta teman-temanku semuanya. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat bertemu pada hari yang indah ini. Terimakasih saya ucapkan atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang berjudul “Indonesia Butuh Pendidikan Moral”.

Teman temanku yang saya cintai,

Pendidikan moral merupakan momok dasar yang harus diajarkan kepada generasi sekarang ini. Bagaimana tidak, di media sosial atau televisi kasus kekerasan seringkali kita jumpai bahkan terkadang tidak sedikit orang yang menyaksikan kekerasan tersebut secara langsung. Sayangnya, pendidikan moral ini yang seharusnya dijadikan pendidikan utama dalam tingkat sekolah formal, justru sering diabaikan. Para guru hanya dituntut untuk membuat siswa mereka menjadi pandai. Para guru hanya terfokus pada setiap subjek yang akan mereka sampaikan. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat kasus-kasus yang terkadang terjadi disekolah seolah tidak menjadikan koreksi bagi para guru. Sekolah hanya menyediakan fasilitas melalui guru BP yang bertugas menegur sikap siswa. Sekolah mungkin menganggap bahwa fasilitas ini sudah cukup memenuhi kebutuhan siswa yang bermasalah. Namun, para guru lupa bahwa kasus-kasus siswa yang terjadi sebenarnya dapat ditanggulangi sehingga kasus tersebut tidak perlu terjadi. Karenanya, pendidikan moral harus di patenkan menjadi salah satu pelajaran wajib disekolah.

Ketika siswa ditanya lebih penting mana antara moral dan pengetahuan? Maka jawabanya pasti pengetahuan. Namun, apabila pertanyaan ini di lontarkan kepada guru. Mereka pasti tak mampu menjawab karena meskipun mereka menyadari keduanya penting namun disekolah mereka hanya terfokus mengajarkan pengetahuan saja. Hal ini tentulah dapat dijadikan koreksi betapa pentingnya pendidikan moral.

Bagi generasi muda, jangan lelah menggapai cita. Tetap berusaha, rajin belajar dan tidak pantang menyerah. Selalu hormati orang tua, guru, dan sayangi sesama teman. Satu hal yang pasti, hindari kekacauan, hilangkan tingkah laku buruk, kobarkan persatuan dan jaga nama baik Negara kita Indonesia.

Demikianlah sedikit kata yang bisa saya

sampaikan,
terimakasih.

wassalamualaikum wr wb.


Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan II


Selamat siang,

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yang saya hormati Kepala Sekolah SMP Guna Bakti.

Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah SMP Guna Bakti.

Yang saya hormati guru-guru SMP Guna Bakti.

Beserta seluruh murid SMP Guna Bakti yang berbahagia.

Alhamdulilah, Puji dan Syukur saya ucapkan kepada Allah swt yang telah memberikan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul pada acara siang hari ini.

Mungkin hadirin sudah banyak yang paham tentang pengertian globalisasi, atau mungkin malah masih belum ada yang memahaminya?.. kali ini saya berdiri disini ingin sedikit mengajak hadirin untuk mengingat kembali beberapa pola hidup yang menyebabkan globalisasi. Apa pengaruhnya bagi kita dan bagaimana kita menghadapi pengaruhnya.

Globalisasi berasal dari kata global yang mempunyai arti menyeluruh. Globalisasi berarti proses penyebaran unsur-unsur baru yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak atau elektronik. Globalisasi mempunyai pengaruh yang hampir meliputi semua aspek kehidupan. Contohnya, dalam bidang transportasi. Ada begitu banyak kendaraan yang dapat kita jumpai merayap dijalan raya setiap harinya. Transportasi ini membuat orang lebih mudah untuk bepergian. Hal ini tentu berbeda terbalik dengan jaman dahulu yang untuk kemanapun, seseorang harus rela menempuhnya dengan jalan kaki.

Selain transportasi, nampaknya sistem telekomunikasi juga berdampak global dalam aspek kehidupan. Sebagai contohnya adalah handphone (HP). Jaman canggih seperti sekarang ini, HP sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Internet merupakan contoh lain dari pengaruh globalisasi. Tua muda semua berlomba untuk dapat menggunakanya. Bahkan tidak sedikit generasi muda yang mampu menemukan penemuan terbaru hanya melalui internet.

Pengaruh globalisasi juga datang dari dunia kuliner. Secara perlahan makanan dari berbagai penjuru dunia mulai masuk kepelosok-pelosok nusantara. Tidak sedikit masyarakat yang ikut berdagang dengan merk makanan luar negeri. Misalnya, KFC, PIZZA, Ramen dan lainya.

Aspek berikutnya adalah fashion. Tampak jelas sekali berbagai jenis pakaian yang booming diluar negeri segera diikuti masyarakat kita. Bidang lain yang tidak kalah heboh adalah olah raga. Banyak pertandingan yang disiarkan secara langsung. Tidak sedikit orang dibuat demam karenanya.

Begitu banyak aspek yang mampu dipengaruhi globalisasi. Hal ini jelas membuktikan bahwa setiap orang mampu merasakan pengaruhnya. beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas, membuktikan bahwa globalisasi sudah hampir mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Semua orang tentunya merasakan pengaruh yang terjadi akibat globalisasi. Tentulah sebagai masyarakat kita harus bisa memilah globalisasi ini dengan hanya mengambil nilai positifnya saja dan mengabaikan nilai negatifnya sehingga budaya-budaya barat yang akan masuk keindonesia dapat tersaring dengan baik. Apabila hal ini dilakukan semua masyarakat maka ciri khas kebudayaan kita tentu akan dapat dipertahankan dengan baik.

Semoga yang saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Harapan saya, pengaruh globalisasi tidak akan merusak keutuhan bangsa.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan III


Assalamualikum wr wb


Selamat siang dan salam kebahagiaan bagi kita semua

Yang saya hormati bapak kepala sekolah

Yang saya hormati bapak dan Ibu guru pembimbing

Dan yang saya cintai teman-teman semuanya


Pertama marilah kita dengan senantiasa memanjatkan rasa syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat serta pertolongannya kita semua masih diberi umur untuk bisa berkumpul disini dalam rangka pembacaan teks pidato dengan tema pendidikan.

Pendidikan sendiri merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara yang bisa kita tempuh demi tercapainya Indonesia yang lebih maju dan lebih baik. Pendidikan merupakan salah satu proses yang dimana berjalan sangat panjang, pendidikan tidak dapat dipaksakan dan dipercepat. Pendidikan harus berjalan dengan alami dan memang membutuhkan waktu yang lama.

Pendidikan sendiri mampu memunculkan ide-ide atau gagasan-gagasan yang bisa memberikan pemikiran bagi kita mengenai cara hidup baru. Bagaimana dengan pendidikan kita bisa memikirkan sesuatu yang sebelumnya sama sekali tidak terlintas dalam benak pikiran kita.

Dalam hal fisik sendiri bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang merdeka dan bebas dari penjajahan, namun taukah teman-teman dan bapak ibu guru semua bahwa bangsa kita ini masih terjajah dalam segi pendidikan. Tingkat kebodohan dan putus sekolah yang masih tinggi di Indonesia seakan menunjukkan bahwa kita memang belum serius membina pendidikan di Negeri ini.

Teman-teman perlu tau, di negara

lain mereka bisa membuat mobil, membuat sepeda motor, membuat TV canggih, membuat roket, membuat pesawat, membuat HP dan barang elektronika lain. Mengapa kita tidak bisa seperti mereka? Jawabannya terletak pada pendidikan di negeri ini. Ibaratnya

sebodoh-bodohnya manusia jika dia tekun belajar dan giat mencoba maka lambat laun dia akan mahir pula. Jangan mengatakan orang luar negeri itu pintar, mereka hanya tekun dan rajin berusaha, dan satu lagi mereka tidak malas dalam urusan belajar dan mereka sangat berdisiplin.

Jika kita bisa tekun dan rajin berusaha meskipun sebenarnya kita bodoh, lama-kelamaan kita akan pintar dengan sendirinya. Orang luar negeri rajin membaca, apa yang kita lakukan? Mereka berjuang keras untuk hidup, di luar negeri sana seorang pengemis bisa menjadi orang yang kaya di Indonesia. Bukankah seharusnya kita malu?

Sekali lagi Pendidikan merupakan jalan yang sangat menentukan bagi masa depan bangsa ini. Pendidikan sebagai sarana penunjang kehidupan bangsa yang lebih baik harus secara benar dan sungguh-sungguh dalam mendidik peserta didiknya. Untuk bisa mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik memanglah bukan suatu pekerjaan yang mudah, harus di Imbangi dengan dana dan kerja keras dari semua unsur dalam pendidikan.

Pendidikan juga harus dilengkapi dengan pelajaran sopan santun (karakter) dalam masyarakat. Jadi dengan pendidikan jangan hanya menjadikan peserta didik pintar, namun juga bisa membuat peserta didik menjadi sopan santun, taat terhadap Agama, hormat terhadap guru dan mengasihi kedua orang tua. Pendidikan di Indonesia memang harus di rombak, kita membutuhkan pendidikan karakter.

Teman-teman semua tau bahwa para koruptor pencuri uang rakyat di luar sana merupakan orang yang pintar. Mereka bisa korup karena memiliki jabatan tertentu. Jabatan itu mereka peroleh dengan jalan pendidikan yang tinggi. Untuk itu kita membutuhkan lebih dari sekedar manusia yang pintar, dengan pedidikan kita membutuhkan manusia yang pintar dan memiliki karakter yang baik.

Untuk masa depan, saya sangat berharap supaya pendidikan karakter di sekolah-sekolah terus di tingkatkan. Kita bangsa yang beradab, jangan cemari bangsa kita hanya karena ingin mempertahankan segelintir manusia yang tidak bertanggung jawab. Orang yang pintar akan berfikir dua kali sebelum suatu kata keluar dari mulutnya.

Semoga dengan pendidikan yang saat ini sedang gencar di utamakan di Indonesia mampu membawa bangsa ini ke tingkat dunia. Semoga mampu membawa bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan disegani di kancah dunia. Siapa yang bangga jika bangsa ini maju dan besar? Tentunya kita sendiri. Mulailah dari diri teman-teman sendiri, berdisiplinlah untuk menyambut bangsa kita maju.

Sekian pidato singkat ini semoga membawa manfaat bagi kita semua terutama bagi saya pribadi. Akhir kata semoga bermanfaat.


Wassalamualaikum wr wb


Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan IV



Contoh Pidato Tentang Narkoba

Assalamu’alaikum Wr Wb (pembuka)Yang terhormat kepala sekolah Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha Dan teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.

Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah. Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga.

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.. (penutup)

Contoh Pidato Tentang Perpisahan V

Assalamualaikum wr. Wb
Asshaduallailahaillalah waashaduanna muhamadar rosulullah. Ama badu.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang mana pada kesempatan kali ini kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat amin ya robbal ‘alamin. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, keluarganya, dan kepada kita selaku umatnya.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan amanat dalam rangka perpisahan ini.Tidak terasa sudah 6 tahun kita berada disini. Semua cerita indah disini hanya akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini. Tak lupa juga kami sangat berterima kasih kepada guru-guru kami yang telah mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliau-beliau, kami bukan apa-apa. Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Amien. Dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.
Sekian dari saya.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum wr.wb

Contoh Pidato Tentang Pendidikan VI

Assalamu Alaikum warahmatullahi Wabarakatu
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Perbaikan kualitas bangsa harus ditempuh dan terutama melalui pendidikan. Pendidikan itu proses yang panjang, yang tak henti-hentinya untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk menerima ide-ide dan konsep-konsep baru. Itu makna pendidikan, sehingga suatu saat hasil dari pendidikan itulah yang akan menumbuhkan budaya baru dengan manusia yang cerdas.

Selama manusianya cerdas maka ia mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam jiwanya. Barulah setelah itu dia mampu menguasai sains dan teknologi. Budaya baru itulah yang menjadi kontra budaya yang kemudian masuk ke dalam tatanan menjadi masyarakat (budaya) alternatif yang akan dipilih oleh bangsa ini.

Semuanya melalui pendidikan yang tertata rapi: pendidikan yang mampu mencerdaskan, mampu menumbuhkan jiwa yang bajik dan bijak, dan menguasai sains dan teknologi. Itulah nanti yang akan mengubah bangsa Indonesia menjadi Indonesia baru.

Hal ini tampaknya akan menjadi ”momok” bagi pendidikan di Indonesia. Belum lagi persoalan kekurangan tenaga pendidik terselesaikan, masalah sarana pendidikan yang tidak memadai muncul, dan menyusul persoalan mahalnya biaya pendidikan.

Kita masih merasa sebagai bangsa yang tertinggal dalam berbagai hal dibandingkan dengan bangsa lain. Oleh karena itu satu-satunya jalan untuk mencerdaskan bangsa adalah dengan meningkatkan pendidikan demi untuk menjadikan bangsa yang cerdas melalui sistem pendidikan nasional yang menyeluruh dan terencana.

Namun untuk menuju ke arah itu, jalan yang ditempuh sangat panjang dan berliku karena persoalan pendidikan sangat terkait dengan faktor lain, termasuk masalah ekonomi, keamanan dan masalah sosial lainnya. Para guru pun diharapkan mulai mengubah cara belajar kepada siswa. Para guru pun tidak boleh lagi memberikan tekanan kepada siswa seperti pelajaran menghafal dan memberikan soal pilihan ganda (multiple choice) karena bisa berdampak pada pembentukan kepribadian.

Peran pendidikan, sebagai sarana pemberdayaan, harus secara sadar menyiapkan peserta didik dalam kehidupan masyarakat baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Pemberdayaan hanya mempunyai makna jika proses pemberdayaan menjadi bagian dan fungsi dari kebudayaan.

Oleh karena itu, pendidikan harus menumbuhkan jiwa independensi, menggerakkan pernyataan diri dan para pendidik mengajar siswa untuk hidup dalam harmoni dengan menghargai adanya perbedaan.

Ke depannya, sistem pendidikan harus berubah dari instruksional menjadi motivasional berprestasi, berkreasi, dan berbudi pekerti.

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Contoh Pidato Tentang Sumpah Pemuda VII

Assallamualikum Wr. wb. Para hadirin dan para pemuda yang pada saat ini kumpul di (ruangan/tempat) ini semuanya.

Alhamdullilah... apa yang telah diperjuangkan para pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 silam sampai saat ini, masih tetap bisa kita jaga utuh baik tekad maupun tujuan dari apa yang telah para pemuda "ikrarkan" pada saat itu. Untuk itu saya bersyukur, marilah kita memanjatkan do’a kehadirat Allah SWT , Tuhan Yang Maha Esa, agar kita semua, terutama generasi muda diberi kekuatan lahir dan batin dalam meneruskan perjuangan membangun bangsa dan negara ini untuk mewujudkan kehidupan masa depan yang lebih baik.
Para hadirin dan para pemuda sekalian. Hari ini, kita semua kembali memperingati hari bersejarah yaitu Hari Sumpah Pemuda. Ini menunjukkan bahwa sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai dan menjunjung tinggi jasa dan pengorbanan para pejuang dalam mencapai dan menegakkan kemerdekaan di negara Republik Indonesia tercinta ini.

Para hadirin dan para pemuda sekalian. Setiap kita memperingati hari-hari yang bersejarah, kita perlu kiranya mengenang dan merenungkan sejenak, betapa besar perjuangan para pendahulu kita, para pejuang dan para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan ini, yang mana hal tersebut dilakukan secara kompak dan terpadu antara masyarakat dengan semua kekuatan yang ada. Perjuangan mereka tidak mengenal waktu, perjuangan mereka tidak dapat dinilai dengan harta benda maupun keluarga. Mereka semua mempunyai tujuan yang sama, mereka hanya ingin mencapai satu tujuan yaitu merdeka.

Para hadirin dan para pemuda sekalian. Kita sebagai penerus perjuangan bangsa ini, alangkah baiknya bila hasil dari perjuangan mereka dimasa lampau itu tidak kita sia-siakan dengan hanya mengisi atau menghabiskan waktu kita dengan bersenang-senang dan dengan membuang waktu secara percuma. Kita sebagai Pemuda harus menjadi ujung tombak dan pionir perjalanan bangsa ini, serta harus mampu pula mengemban amanat reformasi. Kita jangan sampai terjebak pada fase pertentangan dan diskusi yang sebetulnya tidak perlu yang hanya membuang energi dan tenaga saja. Berpikiran positif dan terus berkarya akan lebih baik bila dibandingkan dengan menghabiskan waktu untuk saling berdebat tanpa menghasilkan satu keputusan yang nyata untuk menjadikan negeri ini menjadi lebih baik.

Para hadirin dan para pemuda sekalian. Mengingat akan lebih beratnya tantangan yang akan kita hadapi, sebagai pemuda harapan bangsa yang akan mengambil alih kepemimpinan dan sebagai pengambil kebijakan dimasa depan nanti, alangkah baiknya bila kita sebagai pemuda yang akan meneruskan memimpin bangsa ini untuk terus belajar dan belajar tanpa henti demi kemajuan dan kemakmuran bangsa ini.

Para hadirin dan para pemuda yang saya hormati. Sumpah Pemuda yang lahir pada tanggal 28 oktober 1928 itu merupakan suatu keputusan yang lahir dari berbagai diskusi dan pembicaraan panjang dan alot yang dilakukan oleh para pemuda Indonesia pada waktu itu, yang mana hal tersebut merupakan cikal bakal berdirinya Republik Indonesia. Oleh karena itu, pemuda sebagai calon pemimpin dan pelaku bangsa kedepan harus mampu memahami serta menghayati secara mendalam tentang makna dari sumpah pemuda itu. Oleh karena itu, dalam memperingati hari Sumpah Pemuda/Hari Pemuda ini marilah kita tingkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, moral bangsa, juga dituntut peningkatan SDM bangsa yang disiplin, mandiri dan profesional dengan penguasaan IPTEK dan keterampilan yang lebih baik.

Demikian pidato singkat yang bertemakan Sumpah Pemuda ini saya akhiri sampai disini, mudah-mudahan kita sebagai penerus bangsa dapat mengemban amanat tersebut dan menjalankannya agar bangsa ini menjadi bangsa yang bermoral, adil, makmur dan sejahtera.
Sekian dan Terima kasih

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan VIII

Assalamualaikum wr wb. Yang terhormat, bapak kepala sekolah smp Suka Maju. Yang terhormat, bapak ibu guru dan staff. Yang tercinta teman-temanku semuanya. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat bertemu pada hari yang indah ini. Terimakasih saya ucapkan atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang berjudul “Indonesia Butuh Pendidikan Moral”.

Teman temanku yang saya cintai,

Pendidikan moral merupakan momok dasar yang harus diajarkan kepada generasi sekarang ini. Bagaimana tidak, di media sosial atau televisi kasus kekerasan seringkali kita jumpai bahkan terkadang tidak sedikit orang yang menyaksikan kekerasan tersebut secara langsung. Sayangnya, pendidikan moral ini yang seharusnya dijadikan pendidikan utama dalam tingkat sekolah formal, justru sering diabaikan. Para guru hanya dituntut untuk membuat siswa mereka menjadi pandai. Para guru hanya terfokus pada setiap subjek yang akan mereka sampaikan. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat kasus-kasus yang terkadang terjadi disekolah seolah tidak menjadikan koreksi bagi para guru. Sekolah hanya menyediakan fasilitas melalui guru BP yang bertugas menegur sikap siswa. Sekolah mungkin menganggap bahwa fasilitas ini sudah cukup memenuhi kebutuhan siswa yang bermasalah. Namun, para guru lupa bahwa kasus-kasus siswa yang terjadi sebenarnya dapat ditanggulangi sehingga kasus tersebut tidak perlu terjadi. Karenanya, pendidikan moral harus di patenkan menjadi salah satu pelajaran wajib disekolah.

Ketika siswa ditanya lebih penting mana antara moral dan pengetahuan? Maka jawabanya pasti pengetahuan. Namun, apabila pertanyaan ini di lontarkan kepada guru. Mereka pasti tak mampu menjawab karena meskipun mereka menyadari keduanya penting namun disekolah mereka hanya terfokus mengajarkan pengetahuan saja. Hal ini tentulah dapat dijadikan koreksi betapa pentingnya pendidikan moral. 

Bagi generasi muda, jangan lelah menggapai cita. Tetap berusaha, rajin belajar dan tidak pantang menyerah. Selalu hormati orang tua, guru, dan sayangi sesama teman. Satu hal yang pasti, hindari kekacauan, hilangkan tingkah laku buruk, kobarkan persatuan dan jaga nama baik Negara kita Indonesia. 

Demikianlah sedikit kata yang bisa saya sampaikan, terimakasih.

wassalamualaikum wr wb.


Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan IX



Assalamaualaikum wr.wb

Yang pertama marilah senantiasa kita selalu mengucap syukur kepada Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan kesempatan yang diberikan kepada kitalah, kita sekarang mampu berkumpul pada hari yang berbahagia ini. 

Seterusnya shalawat berangkaikan salam, senantiasa selalu kita curahkan kepada roh junjungan alam, yakni nabi besar Muhmmad SAW. Semgoga kita diberi safa’atnya diyaumul akhir nanti

Sebelum saya memulai pidato saya, terlebih dahulu saya ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran dari bapak, ibu dan teman-teman sekalian dalam acara rutinitas kita, yakni memperingati Hari Pendidikan Nasional. Dalam kesempatan yang diberikan kali ini, saya akan berbicara mengenai sebuah topik, yaitu pentingnya untuk memiliki cita-cita sehingga dapat memberi motivasi dalam belajar “utamanya”.

Sebelum masuk labih jauh tentang cita – cita, ada baiknya kita mengetahui Apa itu cita-cita? Pentingkah memiliki sebuah cita-cita?.... Cita-cita merupakan sebuah tujuan yang ingin dicapai, dan dengan itu kita akan berusaha untuk menggapainya. Bila kita tidak memiliki sebuah cita-cita, maka secara tidak langsung kita tidak memiliki suatu tujuan di dalam hidup ini. Kita tidak mengetahui apa yang akan dan seharusnya kita lakukan dalam hidup ini. Hidup tanpa cita-cita itu di ibaratkan seperti berjalan tanpa arah, kita tidak mengetahui apa sebenarnya tujuan kita berjalan, kemana kita akan berjalan. 

Misalnya saja kita ingin menonton film dibioskop, maka jelas arah jalan kita ke maal atau tempat yang ada bioskopnya. Namun Jika kita tidak memiliki sebuah tujuan, maka ketika kita berada di mall, kita hanya akan pergi berkeliling mall, kesana kesini tanpa ada arah yang jelas. Cita-cita merupakan hal yang sangat penting dalam hal apapun, karena cita-cita tersebutlah yang akan mengarahkan kemana kita akan melangkah selanjutnya. Tapi dengan adanya cita-cita, maka kita akan memiliki suatu target yang nantinya akan kita capai sehingga kita akan termotivasi untuk berusaha mencapai target tersebut. Cita–cita memang benar - benar akan memudahkan kita dalam melangkah kedapan, Namun jika kita tidak pernah melangkah, maka cita-cita itu akhirnya hanya akan menjadi sebuah cita-cita, tanpa menjadi kenyataan. Oleh sebab itu, kita jangan hanya bercita-cita, tetapi kita juga harus melakukan tindakan – tindakan yang nyata.

Misalnya saja tindakan yang bisa kita lakukan adalah dengan cara belajar. Karena dengan belajar, kita akan memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas sehingga akan terbuka lebih banyak lagi kesempatan bagi kita untuk mencapai cita-cita itu sendiri. Bila kita memiliki sebuah cita-cita, maka kita semangat belajar yang kita miliki akan lebih tinggi, karena kita tau bahwasanya kita belajar itu untuk mencapai cita-cita kita. Coba kita berfikir sejenak, Bagaimana jika kita tidak memiliki cita-cita, maka tidak akan ada motivasi dari dalam diri kita untuk belajar lebih. Kita akan menganggap bahwasanya belajar itu adalah sebuah hal yang membosankan dan melelahkan. Kita tidak bisa mengerti apa sebenarnya fungsi dari kita belajar.

Cita-cita tersebut aka berfungsi sebagai dorongan bagi kita untuk terus belajar dan pastinya untuk berprestasi. Dengan kata lain jika kita memiliki cita cita, maka kita akan belajar dengan sebaik-baiknya dan tidak merasa terbebani sehingga melakukan aktivitas belajar tersebut menjadikan kita lebih berkembang dan maju. 


Demikianlah pidato singkat saya pada kesempatan kali ini. Apa bila dalam penyampaian tadi ada yang kurang berkenan, saya mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum wr.wb

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan X

Selamat siang,
Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang saya hormati Kepala Sekolah SMP Guna Bakti.
Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah SMP Guna Bakti.
Yang saya hormati guru-guru SMP Guna Bakti.
Beserta seluruh murid SMP Guna Bakti yang berbahagia.

Alhamdulilah, Puji dan Syukur saya ucapkan kepada Allah swt yang telah memberikan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul pada acara siang hari ini.

Mungkin hadirin sudah banyak yang paham tentang pengertian globalisasi, atau mungkin malah masih belum ada yang memahaminya?.. kali ini saya berdiri disini ingin sedikit mengajak hadirin untuk mengingat kembali beberapa pola hidup yang menyebabkan globalisasi. Apa pengaruhnya bagi kita dan bagaimana kita menghadapi pengaruhnya. 

Globalisasi berasal dari kata global yang mempunyai arti menyeluruh. Globalisasi berarti proses penyebaran unsur-unsur baru yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak atau elektronik. Globalisasi mempunyai pengaruh yang hampir meliputi semua aspek kehidupan. Contohnya, dalam bidang transportasi. Ada begitu banyak kendaraan yang dapat kita jumpai merayap dijalan raya setiap harinya. Transportasi ini membuat orang lebih mudah untuk bepergian. Hal ini tentu berbeda terbalik dengan jaman dahulu yang untuk kemanapun, seseorang harus rela menempuhnya dengan jalan kaki. 

Selain transportasi, nampaknya sistem telekomunikasi juga berdampak global dalam aspek kehidupan. Sebagai contohnya adalah handphone (HP). Jaman canggih seperti sekarang ini, HP sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Internet merupakan contoh lain dari pengaruh globalisasi. Tua muda semua berlomba untuk dapat menggunakanya. Bahkan tidak sedikit generasi muda yang mampu menemukan penemuan terbaru hanya melalui internet. 

Pengaruh globalisasi juga datang dari dunia kuliner. Secara perlahan makanan dari berbagai penjuru dunia mulai masuk kepelosok-pelosok nusantara. Tidak sedikit masyarakat yang ikut berdagang dengan merk makanan luar negeri. Misalnya, KFC, PIZZA, Ramen dan lainya. 

Aspek berikutnya adalah fashion. Tampak jelas sekali berbagai jenis pakaian yang booming diluar negeri segera diikuti masyarakat kita. Bidang lain yang tidak kalah heboh adalah olah raga. Banyak pertandingan yang disiarkan secara langsung. Tidak sedikit orang dibuat demam karenanya. 

Begitu banyak aspek yang mampu dipengaruhi globalisasi. Hal ini jelas membuktikan bahwa setiap orang mampu merasakan pengaruhnya. beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas, membuktikan bahwa globalisasi sudah hampir mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Semua orang tentunya merasakan pengaruh yang terjadi akibat globalisasi. Tentulah sebagai masyarakat kita harus bisa memilah globalisasi ini dengan hanya mengambil nilai positifnya saja dan mengabaikan nilai negatifnya sehingga budaya-budaya barat yang akan masuk keindonesia dapat tersaring dengan baik. Apabila hal ini dilakukan semua masyarakat maka ciri khas kebudayaan kita tentu akan dapat dipertahankan dengan baik.

Semoga yang saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Harapan saya, pengaruh globalisasi tidak akan merusak keutuhan bangsa. 

Wassalamu’alaikum Wr Wb.


Demikianlah Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Mudah Dihafal yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan adanya pidato tersebut dapat membantu anda. Semoga bermanfaat dan sekian Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Mudah Dihafal.

0 Response to "Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Mudah Dihafal"