Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Yang Baik Dan Benar

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Yang Baik Dan Benar | Oke, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks deskripsi tentang hewan. Mungkin bagi anda yang sedang membutuhkannya anda dapat menyalin contoh - contohnya di bawah ini. Tapi saya akan menjelaskan sedikit megenai karangan deskripsi terlebih dahulu.

Karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan suatu objek yang nyata sejelas – jelasnya, sehingga para pembacanya seolah – olah bisa merasakan, melihat, mendengar, atau mengalami sendiri apa yang dibahas dalam karangan tersebut. 

Nah, berikut ini adalah dua contoh karangan deskripsi singkat tentang hewan peliharaan.Simak contoh - contohnya dibawah ini.

 

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Kelinci


Kelinciku


Aku memiliki seekor kelinci jantan yang aku berinama Boni. Boni adalah seekor kelinci Persia yang diberikan oleh pamanku sebagai hadiah. Dia memiliki tubuh yang sangat gemuk dengan bulu putih yang sangat halus. Beratnya kira – kira mencapai 60 gram dengan panjang tubuh sekitar 50 cm. Kupingnya sangat panjang, kira – kira mencapai 30 cm. Boni memiliki mata berwarna biru yang sangat indah. 


Kelinciku, Boni tidak seperti kelinci biasa yang pasif. Boni tidak suka diam. Dia senang berlari dan melompat – lompat. Apabila aku mengajaknya keluar dan bermain di halaman rumah, dia akan sangat senang karena kami akan bermain kejar – kejaran. 


Boni sangat menyukai sayur – sayuran terutama wortel. Apabila sudah memasuki jam makannya, dia akan mendekatiku dan menggeliatkan tubuhnya di kakiku. Itu sebenarnya adalah tanda darinya yang mita diberikan wortel. Meskipun Boni menyukai wortel, aku selalu memberikannya makanan tambahan seperti multivitamin dan mineral agar dia selalu sehat. 


Meskipun sangat aktif, Boni tidak menyukai air. Apabila waktu mandi tiba, aku harus berusaha dengan sekuat tenaga untuk memandikannya karena dia pasti akan kabur. Terpaksa aku harus menangkapnya terlebih dahulu dan menceburkannya ke dalam bak khusus. 


Oleh karena tubuh dan tingkah lakunya yang sangat menggemaskan, aku sangat menyayangi kelinciku, Boni. Aku berharap dia selalu sehat dan bisa menemaniku setiap hari. 

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Kucing



ANGGORA PUTIH DI PINGGIRAN JALAN

Sore hari pada saat perjalanan menuju rumah, seperti biasa aku mengendarai sepeda gunungku dan menyusuri sepanjang jalan Basuki Rahmat Bandar Lampung. Dalam perjalanan aku melihat sebuah kotak kardus berukuran sedang yang terlihat agak aneh dan mengundang rasa penasaranku. Kardus tersebut ditutup dan direkatkan dengan menggunakan selotif hitam di bagian atasnya. Pada bagian tengahnya dilubangi dengan diameter sekitar 3 cm sebanyak lima lubang. Rasa penasaranku semakin menjadi dan selanjutnya kuguncang kardus tersebut. Tiba-tiba terdengar suara khas seekor hewan yang tak asing bagiku. Suara tersebut semakin menjadi seakan meminta pertolongan padaku. Kusobek bagian lubang kardus berdiameter 3 cm tersebut. Benar dugaanku, seekor kucing malang berwarna putih yang terlihat di depan mata kepalaku.

Kucing ini memiliki bulu berwarna putih dengan garis-garis loreng hitam ditepian telinga sampai bagian tubuh belakangnya. Hidungnya agak pendek jika dibandingkan dengan kucing rumahan pada umumnya. Berat dan bentuk tubuhnya proporsional, tidak berat dan tidak juga terlalu ringan. Kakinya agak sedikit panjang. Ekornya sedikit panjang dibandingkan dengan kucing rumahan lainnya. Matanya berwarna biru menyala. Kumisnya menegaskan kesan elegan yang nampak pada parasnya. Warna kekuningan yang menyelimuti bulu putihnya berasal dari debu-debu yang menempel pada tubuhnya. Kubersihkan perlahan, namun nampaknya sulit jika tidak dimandikan. Kucing ini sangat manis dan lucu. ia menyiratkan wajah memelas seolah memohon padaku untuk membawanya pulang. Aku pun tak habis pikir, siapa yang tega membuang kucing semanis ini. Aku memutuskan untuk membawanya pulang ke rumah dan memeliharanya.

Sesampainya di rumah, segera kumandikan kucing malang ini dengan air hangat. Ia nampak sangat terbiasa ketika bulu-bulu putihnya dibasuh dengan air. Kuduga kucing ini dahulu adalah kucing peliharaan yang mungkin saja mahal harganya. Aku tak memahami apapun tentang kucing, tapi sudah kuputuskan bahwa aku akan memeliharanya. Aku pun mencari referensi mengenai spesifikasi dan jenis kucing seperti apa yang kutemukan sore tadi. Rasa ingin tahuku semakin menjadi ketika mengetahui kucing putih itu memperhatikanku dengan kepalanya yang agak sedikit dimiringkan, sungguh menggemaskan. Kucari referensi tentang jenis kucing di internet dan pada akhirnya aku memahami bahwa kucing yang aku temukan ini adalah jenis anggora. Luar biasa, di saat orang-orang membeli kucing ini dengan harga mahal, aku malah menemukannya di pinggir jalan. Semakin senang hatiku dan kuputuskan untuk merawat dan menjaganya sampai seterusnya.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Komodo


Komodo, atau bisa disebut juga sebagai biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.Penduduk asli pulau Komodo juga biasa menyebut komodo dengan nama Ora. 

Komodo ini Termasuk anggota biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Komodo mempunyai ekor yg sama panjang dengan tubuhnya, serta kurang lebih 60 buah gigi yg bergerigi tajam dengan panjang kurang lebih 2. 5 cm, yg sering diganti. Air liur komodo kerapkali bercampur sedikit darah dikarenakan nyaris semuanya giginya dilapisi jaringan gingiva serta jaringan ini tercabik sepanjang makan. Keadaan ini menciptakan lingkungan perkembangan yg ideal utk bakteri mematikan yg hidup di mulut mereka.

Komodo mempunyai lidah yang panjang, berwarna kuning serta bercabang. Komodo jantan lebih besar dari pada komodo betina, dengan warna kulit dari abu-abu gelap hingga merah batu bata, sesaat komodo betina memiliki warna lebih hijau dari buah zaitun, serta mempunyai potongan kecil kuning yang ada pada tenggorokannya. Komodo yang muda lebih berwarna, dengan warna kuning, hijau serta putih pada latar belakang hitam.

Komodo tidak mempunyai indera pendengaran, walau mempunyai lubang telinga. Biawak ini dapat memandang sampai sejauh 300 m, tetapi dikarenakan retinanya cuma mempunyai sel kerucut, hewan ini tidak bisa melihat dengan jelas di dalam kegelapan malam. Komodo dapat membedakan warna tetapi tak seberapa dapat membedakan objek yang tidak bergerak.

Di alam bebas, komodo dewasa umumnya mempunyai berat lebih kurang 70 kilogram, tetapi komodo yg dipelihara di penangkaran kerap mempunyai bobot tubuh yg semakin besar. Spesimen liar terbesar yg dulu ada mempunyai panjang sebesar 3. 13 mtr. serta berat lebih kurang 166 kilogram, terhitung berat makanan yg belum dicerna didalam perutnya.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Panda


Panda adalah salah satu hewan yang lucu dan imut, hewan ini sangat pupuler dan sangat menarik buat kita ikutin, sebagaimana orang-orang menjadikan panda sebagai boneka dan mainan.Tingkah laku dan warnanya yang putih dengan corak belang-belang terkesan imut dan menggemaskan. Tahukan anda bahwa sanya panda itu merupakan salah satu dari jenis beruang..?? Woow pasti anda takut dengan yang namanya beruang, akan tetapi tidak dengan yang namannya panda. 

Berikut ini saya tuliskan sedikit tentang Klasifikasi Hewan Panda
Panda atau Ailuropoda melanoleuca, panda diklasifikasikan sebagai beruang, yang asalnya dari tiongkok tengah, panda kebanyakan tinggal di penggunungan dan dapat ditemukan seperti Sichuan dan Tibet. kebanyakkan hewan ini memakan bambu-bambu dan diklasifikasikan sebagai hewan karnivora. 

Selain memakan bambu panda juga kadang memakan telur dan serangga-serangga, di saat mengunyah makanan telinganya bergoyang-goyang. Walaupun lucu dan imut panda tidak untuk di pelihara, karena hewan ini salah satu hewan yang di lindungi pada habitatnya yang terancam punah. Semoga orang-orang dapat melindungi hewan yang lucu ini, dan tidak punah di kemudian hari. Agar anak cucu dapat melihat panda yang asli, tidak hanya di gambar.


0 Response to "Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Yang Baik Dan Benar"