Contoh Teks Pembawa Acara MC Pengajian Yang Baik Dan Benar

Bagi Anda yang sedang membutuhkan contoh naskah MC di acara pengajian, kali ini saya ingin berbagi dengan Anda mengenahi contoh tata-cara menjadi pembaca acara pada acara pengajian yang diharapkan dapat memberikan referensi kepada Anda yang sedang membutuhkan.

Dua artikel terkait yang sudah sempat saya tulis sebelumnya adalah contoh naskah MC, dan contoh teks MC acara formal. Nah, pada kesempatan kali ini Admin ingin berbagi contoh naskah pembawa acara untuk jenis acara pengajian.

Pada dasarnya dalam membacakan suatu susunan acara itu selalu dimulai dengan "pembukaan" kemudian diakhiri dengan "penutupan". Terlihat simple sekali, namun bagi Anda yang belum pernah melakukannya, mungkin Anda masih sedikit bingung. Dan berikut ini saya share contoh naskah MC yang bisa Anda pelajari.



Assalamu’alaikum wr. wb.

الحمد لله رب العالمين- وبه نستعين على امورالدنياوالدين – والصلاةوالسلام على سيدناومولنامحمد- وعلى اله وصحبه اجمعين- ولاحول ولاقوةالابالله العلى العظيم- امابعد

Yang terhormat para alim, ulama’, sesepuh-pinisepuh. Wabil khusus Bapak Ky. …….. yang kami nanti-nantikan segala fatwah dan mauidhoh hasanahnya.

Yang terhormat jajaran perangkat desa, Desa Pesantren yang kami patuhi segala peraturannya.

Tamu undangan, hadzirin walhadzirat yang kami hormati.

Muslimin walmuslimat rohimakumullah yang saya mulyakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita. Sehingga kita dapat melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid ini dengan tiada suatu halangan apapun. Semoga perkumpulan kita malam hari ini membawa manfaat di dunia dan di akhirat.

Keduanya shalawat dan salam mudah-mudahan tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang mana Beliau adalah Nabi yang membawa syafaat Allah dan mudah-mudahan kita selaku umatnya mendapatkan syafaatnya, dengan ucapan Amin Allahumma Amin.

Sebagai pemandu acara tidak lain saya akan membacakan susunan acara pada Pengajian malam hari ini:

Acara yang pertama : Pembukaan

Acara yang kedua : Pembacaan Ayat-ayat suci Al-Qur’an dan Sholawat Nabi

Acara yang ketiga : Tahlil

Acara yang keempat : Sambutan-sambutan

Acara yang kelima : Mauidzoh Hasanah, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Acara yang keenam : Penutup

Untuk membuka acara, marilah kita baca bersama-sama Surat Ummul Kitab. Al-Faatihah! ….

Trimakasih.

Acara yang kedua yaitu Pembacaan Ayat-ayat suci Al-Qur’an dan Sholawat Nabi yang akan dilantunkan oleh Sdr/Bpk ….

Kepadanya dipersilahkan.

Trimakasih.

Acara yang ketiga adalah Tahlil yang akan dipimpin oleh Bapak/Sdr. ….

Kepada Bapak/Sdr. …. dipersilahkan.

Trimakasih.

Untuk acara yang keempat yaitu sambutan-sambutan.

1. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kepada Bpk. ….. dipersilahkan.

Trimakasih atas sambutannya.

2. Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh Atas nama sesepuh Dukuh Pesadean, Kepada Bpk. ….. kami persilahkan.

Trimakasih.

3. Sambutan ketiga akan disampaikan oleh Bapak Kepala Desa Pesantren, Kepada yang terhormat Bpk ….. kami persilahkan.

Trimakasih atas sambutannya.

Hadzirin walhadzirat kini tibalah pada acara yang kita nanti-nantikan, mauidzoh hasanah/uraian inti Peringatan Maulid Nabi kita Muhammad SAW yang akan disampaikan oleh Bpk Kyai …..

Kepada Beliau kami persilahkan.

Kami ucapkan terima kasih pada Bpk Kyai ….. yang sudah berkenan memberikan mauidzoh hasanah/uraian inti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dipenghujung acara yaitu Penutup/Do’a akan dipimpin oleh Bapak. …. Kepadanya kami persilahkan.

Trimakasih.

Kami selaku penata acara mohon maaf apabila ada kata yang salah atau kurang berkenan dihati Bapak/Ibu, sekali lagi saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Cukup sekian.

Wassalamu’alaikum wr. wb.




___________________



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:

Kepada yang terhonmat bapak kiai......., ketua pimpinan Majlis Ta'lim, shahibul bait bapak Samsuddin yang kebetulan mendapatkan giliran ketempatan pengajian rutin pada malam hari ini, para bapak, ibu, hadirin dan hadirat sekalian yang saya hormati. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt. berkat limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat untuk menghadiri acara pengajian rutin yang diadakan tiap tiga bulan sekali, yang kebetulan sekarang berada di rumah bapak Samsuddin.

Kedua kalinya semoga shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad saw. yang telah membawa agama Islam, sebagai satu-satunya agama yang diridhai Allah swt. yang kita ikuti dan pegang erat-erat hingga akhir hayat kita, amiin.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia. Sebagai pembawa acara kiranya perlu saya bacakan susunan acara pada pertemuan pengajian rutin pada malam hari, yaitu:
1. Pembukaan
2. Pembacaan kalam Ilahi
3. Sambutan pimpinan Jam'iyah Majlis Ta'lim
4. Mauidhatul Hasanah
5. Pengumuman
6.Penutup/do'a

Pembukaan:
Demikian susunan acara pada pengajian rutin malam hari ini. Sebelum kita melanjutkan pada acara berikutnya, marilah kita buka acara ini dengan bacaan surat A1-Fatihah, ilaa hadhratin nabiiyyil musthafa muhammadin saw. wa aalihi wa as-haabihi al-fatihah.........
Terimah kasih atas bacaan surat Al-Fatihah tadi, muda-mudahan acara pada malam hari ini berjalan dengan lancar tanpa ada suatu aral yang melintang.

Pembacaan Kalam Ilahi:
Acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci A1-Qur'an yang akan dibacakan oleh saudari ustadzah ......., kepadanya kami persilahkan.
Terima kasih kami sampaikan, mudah-mudahan pahalanya dilimpahkan kepada kita semua, utamanya kepada qari' yang membacanya.

Sambutan Pimpinan Jam'iyah Majlis Ta'lim:
Sebelum memasuki acara inti yaitu mauidhatul hasanah, kini marilah kita ikuti terlebih dahulu sambutan pimpinan Jam'yah Majlis Ta'lim, dalam hal ini akan di sampaikan oleh yang terhormat bapak Muhammad Jamaluddin, kepada beliau kami persilahkan.
Kepada bapak Muhammad Jamaluddin kami sampaikan banyak-banyak terima kasih.

Mauidhatul Hasanah:

Kini sampailah kita pada acara inti pada malam hari ini, yaitu mauidhatul hasanah, yang akan disampaikan oleh yang terhormat bapak kiai ..........kepada beliau kami persilahkan.

Kepada yang terhormat bapak kiai ...........kami sampaikan banyak-banyak terima kasih, mudah-mudahan petuah dan nasehat (mauidhatul hasanah) tadi bermanfaat bagi kita semua, amin.

Pengumuman:

Hadirin dan hadirat yang kami hormati. Sebelum memasuki puncak acara yaitu do'a, marilah kita ikuti terlebih dahulu beberapa pengumunan yang akan disampaikan oleh sekretaris jam'iyah, dalam hal ini akan disampaikan oleh bapak M. Maulana, kepadanya dipersilahkan.

Demikianlah tadi beberapa pengumunan yang telah disampaikan oleh bapak M. Maulana, mudah-mudahan kita dapat memakluminya.

Penutup/Do'a:

Acara demi acara telah kita lalui bersama, kini sampailah kita pada puncak acara pada pertemuan malam hariini, yaitu pembacaan do'a yang akan dipimpin oleh yang mulia bapak kiai........Namun sebelum do'a dimulai, izinkanlah kami selaku pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya, bila ada kata-kata dan sikap kami yang kurang berkenan di hati bapak, ibu, hadirin hadirat sekalian. Kepada yang mulia bapak kiai .......kami persilahkan untuk memimpin do'a sekaligus menutup acara ini. Akhirul kalam wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


_________________________________


Bismillaahirrohmaanirrohiim... 

Assalamu'alaikum Wa Rohmatullohi Wa Barokatuh 

Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin Sayyidina Muhammadin, wa’ala alihi wa’ashohbihi ajma’in, 

Robbis shrohli shodri wa ya shirli amri wahlul uqdatammil lisaani yafkohu kauli, amma ba’du. 

( Artinya dibaca dalam hati )
“Ya Allah, lapangkanlah dadaku, dan lancarkanlah lidahku serta mudahkanlah urusanku ." ( QS.Thoha :25-28 ), Adapun sesudah itu.
Yang kami hormati Para alim, ulama’, sesepuh-pinisepuh
Yang kami hormati Pembina Pengajian Al-Muttaqien
Yang kami hormati Ketua Pengajian Al-Muttaqien
Serta bapak-bapak , hadirin yang berbahagia yang di Rahmati Alloh. 

Puji syukur Al-hamdulillah marilah kita senantiasa panjatkan kehadirat Alloh SWT. 

Atas limpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah dan Inayyah-Nya pada kita semua, Yang mana sampai saat ini kita masih diberikan Iman, Islam dan kesehatan,sehingga pada malam hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam Pengajian Rutin Al-Muttaqien.

Tak lupa pula Sholawat dan Salam, semoga Alloh senantiasa mencurahkan pada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, beserta Keluarga dan Para Sahabatnya.

Yang mana Beliau adalah Nabi yang membawa syafaat Alloh. 
Dan mudah-mudahan kita selaku umatnya mendapatkan syafaatNya pula di Yaumil Akhir , 

Aamiin…Aamiin…Allahumma Aamiin.
Perkenankanlah kami selaku pembawa acara, untuk membacakan susunan acara pada malam hari ini , Tegal tanggal ………………..….
Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut : 
1. Pembukaan 
2. Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an , dan Sholawat Nabi 
3. Pembacaan Surat Yasin dan Tahlil ( dipimpin Bpk./Sdr….... ) / (_Tahlil / Al-Barzanji_)
4. Istirahat
5. Sambutan-sambutan ( dari : Shohibul Bait -dan- Ketua Pengajian )
6. Mauidhoh Hasanah dan Do’a ( dari Al-Ustad ……………… ) / (_Belajar Al-Qur’an_ )
7. Penutup. 

Bapak-bapak hadirin sekalian yang di Rahmati Alloh SWT. 

Untuk mempercepat waktu, marilah kita mulai pengajian pada malam hari ini : 

Acara yang pertama Pembukaan. 
Marilah acara Pengajian pada hari ini kita buka bersama dengan membaca Ummul Qur’an
Liridho illahi ta'alaa… syai-un lillahi ta'alaa …. Alfatihah…..……..…………. (aamiin…)
Dilanjutkan dengan acara yang ke-2. yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an di lanjutkan dengan Sholawat Nabi , yang akan di lantunan oleh Bapak/Sdr. ……………untuk waktunya kami persilahkan. 
(menunggu Qiroatul qur’an sampai selesai)

Alunan kalam Illahi telah beranjak dari pendengaran kita, semoga Nurul Qur’ani senantiasa mampu menyinari setiap relung hati dan senantiasa membentengi diri dengan iman yang hakiki , dan Alloh memberikan pahala bagi pembaca maupun yang mendengarkannya…… aamiin…. aamiin…. Ya Robbal Alaamiiin.

Dilanjutkan dengan acara yang ke-3. Pembacaan Surat Yasin dan Tahlil (……….. ) yang akan pimpin oleh Bapak/Sdr. ……………untuk waktunya kami persilahkan. (menunggu Tahlil sampai selesai)

Demikian pembacaan Surat Yasin dan Tahlil, semoga Almarhum..almarhumah diterima amal ibadahnya dan diampuni dosa-dosanya. Dan kita semua yang di tinggalkan selalu diingatkan akan datangnya kematian, yang harus kita persiapkan.

Melangkah Acara yang ke-4…..Istirahat 

Allohumma bariklana, fima rozaktana waqina 'adzabannar. ……...(Ya Allah berkatilah untuk kami, Pada rezeki yang Engkau berikan kepada kami, Dan peliharalah kami dari azab api neraka ) ( Menunggu dikira2 cukup istirahatnya ) 

Kami mohon maaf, dengan tidak mengurangi rasa hormat… Istirahat kami cukupkan.

Dan untuk menginjak acara yang ke-5. Adalah Sambutan - sambutan- Sambutan yang pertama dari Shohibul Bait….. Bpk/Sdr. ……………….. Untuk waktunya kami persilahkan 

……. Terimakasih atas sambutannya

- Sambutan yang ke-dua dari Ketua Pengajian Al-Muttaqien 
Kepada Yth. Bpk. Fata Al-Jalali , waktu dan tempat kami persilahkan…….Terimakasih atas segala paparannya, semoga apa yang beliau uraikandapat menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat….aamiin.

Untuk selanjutnya acara ke-6 adalah Tausiyah.. Mauidhoh Hasanah (berisi nasihat-nasihat yang baik ) yang kami nanti-nantikan segala fatwahnya dilanjukan Do’a , yang akan disampaikan oleh - Al-Ustad Bpk. ……………….. untuk waktunya kami persilahkan. (menunggu Tausiyah sampai selesai)

Demikian Tausiyah.. Mauidhoh Hasanah yang telah disampaikan oleh Al-Ustad Bpk. ……… 

Kami ucapkan terimakasih kepada Al-Ustad…. atas berkenannya memberikan Tausiyah …. Mauidzoh Hasanah / uraian inti, semoga ini dapat menambah rasa cinta dan taqwa kita pada Alloh SWT.

Tibalah dipenghujung acara…….. yaitu Penutup.
Kami selaku Pembawa Acara mohon maaf yang sebesar besarnya , apabila ada tutur kata yang tidak tata, kalimat yang tidak bermanfaat, ucapan yang tidak sopan atau kurang berkenan dihati Bapak-Bapak / Sdr. sekalian yang kami hormati, semoga selalu membukakan pintu maaf yang sebesar - besarnya dengan lapang dada.

Marilah acara Pengajian pada hari ini kita tutup dengan bacaan Hamdalah …. (Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin )

ASTAGFIRULLOHAL 'ADZIM MINKULLI DZAMBIL 'ADZIM LA YAGHFIRU DZUNUBA ILLA RABBUL 'ALAMIN ………. 3x Aamiin…. aamiin…. Ya Robbal Alaamiiin.
Wabillahi taufiq wal hidayah…… Assalamu'alaikum Wa Rohmatullohi Wa Barakatuh


______________


bismillahirrohmanirrohim...

assalamuallaikum wa rohmatullohi wa barokatuh..

alhamdulillahi robbil’alamiin, wassolatu wassalaamu”alla asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina Muhammadadin, wa’alla alihi wa’ashobhihi ajma’ain

robbis shrohli shodri wa ya shirli amri wahlul uqdatammil lissaani yafkohukauli,amma ba’du.

pertama tama...
yang kami hormati ustadzah ..........
yang kami hormati ketua majlis al hidayah bunda lilis amin
dan yang kami hormati ibu ibu pengajian masjid al hidayah yang dirahmati allah swt

puji syukur al hamdulillah marilah kita senantiasa panjatkan kehadirat allah swt, ats limpahan rahmat,taufiq,hidayah dan inayahnya pada kita smua.
yang mana sampai saat ini kita masih diberikan iman,islam,dan kesehatan sehingga pd malam ini kita dapat berkumpul bersama dlm pengajian rutin bulanan di masjid al hidayah ini.

tak lupa pula sholawat dan salam,smoga allah senantiasa mencurahkan pada jungjungan kita nabi besar muhammad saw,beserta keluarga dan para sahabatnya.yang mana beliau adalah nabi yang membawa syafaat allah.dan mudah mudahan kita selaku umatnya mendapatkan syafaatnya pula di yaumil akhir.amiin..aamiinn...

perkenanka kami selaku pembawa acara untuk membacakan susunan acara pada mlm ini, sebagai berikut :
1. pembukaan
2. pembacaan ayat” suci al qur’an
3. sambutan dr ketua majlis al hidayah
4. tausyiah dan doa dari ustadzah ....
5. penutup

marilah kita mulai pengajian pada malam hari ini
acara yang pertama pembukaan. marilah kita buka pengajian pada malam ini dengan pembacaan bismillah....
dilanjutkan acara yg kedua yaitu pembacaan ayat ayat suci al qur’an surat ..................
yang akan dibacakan oleh bunda................dan shalitilawah..........
alhamdulillah alunan kalam ilahi telah beranjak dari pendengaran kita smoga allah memberikanpahala bagi pembaca maupun yang mendengarkannya.aamiinn...aamiin...ya rabbal allamin..

* acara selanjutnya sambutan dari ketua majlis al hidayah kepada bunda lilis waktu dan tempat kami persilahkan....alhamdulillah trima kasih kepada bunda lilis untuk sambutannya

untuk selanjutnya acara ke empat adalah tausyiah yg akan disampaikan oleh ustadzah...................dan ditutup dengan doa. kepada uztadzah ........ waktu dan tempat kami persilahkan...

kami ucapkan trimakasih kepada ustadzah ...... atas ilmu yg telah diberikan kepada kami smoga ini dapat menambah rasa cinta dan taqwa kita pada allah swt.

tibalah dipenghujung acara kami petugas pengajian pada malam ini mengucapkan mohon maaf apabila ada tutur kata yang tidak pas,kalimt yang tidak bermanfaat atau ucapan yg kurang berkenan di hati ibu ibu yg kami hormati.
marilah acara pengajian pada malam ini kita tutup dengan bacaan hamdalah(alhamdulillah hi robbil allamin)
wabillahi taufiq wal hidayah...assalamuallaikum warrahmatullohi wa barakatuh...


sumber :
https://faroidcs.wordpress.com
http://kata-kata13.blogspot.co.id
http://almuttaqintegal.blogspot.co.id
http://kliktampiloke.blogspot.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel