TUGAS MAKALAH TIK (KOMPUTER)

TUGAS MAKALAH TIK (KOMPUTER) - Hallo sahabat Kumpulan Contoh Teks, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul TUGAS MAKALAH TIK (KOMPUTER), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TUGAS MAKALAH TIK (KOMPUTER)
link : TUGAS MAKALAH TIK (KOMPUTER)

Baca juga


TUGAS MAKALAH TIK (KOMPUTER)



Makalah TIK kelas IX



Kata Pengantar
  • Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi keguruan.Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.





ii

DAFTAR ISI
Sampul Makalah ………………
Kata Pengantar ……………………
Daftar Isi ………………………

BAB I
PENDAHULUAN ………………………………………
a.     Latar belakang ……………………………………..
b.     Rumusan masalah ………
c.      Maksud dan tujuan ……………………

BAB II
PEMBAHASAN…………………………..…
A.    Pengertian internet/intranet ………………..……………
B.     Dasar-dasar system jaringan di internet/intranet ………
C.     Kecepatan akses internet……………………
D.    Mengidentifikasi perangkat keras dalam internet/intranet …
E.     Berbagai cara memperoleh sambungan internet …

BAB III
a.     Penutupan …………………………………
b.     Kesimpulan………………………………
c.      Saran………………………


BAB I
PENDAHULUAN

1.     Latar Belakang
Sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia memiliki akal dan pikiran. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan pikirannya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Di Negara-negara yang sedang berkembang, tentunya memerlukan begitu banyak hal  untuk mendukung perkembangan egati mereka. Negara-negara tersebut saling meningkatkan berbagai kemampuan mereka dalam segala aspek kehidupan masyarakat seperti pada aspek pertanian serta egative. Kemudian, selain itu mereka juga mengadakan investasi dalam aspek kesehatan masyarakat begitu pula dalam aspek pendidikanDan saat ini, segala aspek kehidupan tersebut telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan masyarakat dari masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat egati, kemudian secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek Teknologi InformasiTentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti egative, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun egative, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat.
2.   Rumusan Masalah
    Berdasarkan Latar Belakang diatas, maka masalah yang akan diidentifikasi dalammakalah ini yaitu :
1.    Pengertian Internet dan Intranet
2.    Dasar-dasar system jaringan internet dan Intranet
3.    Kecepatan akses internet
4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet dan intranet
5.    Berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet


3.   Maksud dan Tujuan
     Adapun tujuan penulisan makalah ini selain untuk memenuhi tugas mata Pelajaran TIK, yaitu:
  1. - Untuk meningkatkan pengetahuan dalam memahami peranan, dampak positif dan dampak egative TIK dalam bidang pendidikan
  1. - Untuk mengatahui solusi yang tepat dalam mengangani dampak negative TIK dalam bidang pendidikan

BAB II
PEMBAHASAN

1.   Pengertian Internet dan Intranet
a.    Pengertian internet
Internet (interconnection-networking) merupakan sebuah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan para pengguna komputer diseluruh dunia, lewat telepon, satelit atau bisa juga dengan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.   
Pengertian internet secara umum adalah kumpulan jaringan komputer yang terhubung baik secara langsung ataupun tidak langsung (Nirkabel) antara satu perangkat ke perangkat lainnya yang bertujuan untuk pertukaran data menggunakan protokol TCP/IP, internet tidak hanya komunikasi antar perangkat komputer, melainkan juga perangkat lainnya seperti mobile device dan bahkan berbagai bentuk peralatan lainnya.Internet (interconnection-networking) merupakan sebuah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan para pengguna komputer diseluruh dunia, lewat telepon, satelit atau bisa juga dengan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP. 

.b.    Pengertian intranet
   Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP layaknya internet hanya saja penggunaannya lebih dibatasi atau lebih tertutup jadi tidak semua orang dapat secara mudah mengakses intranet dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk dan menggunakan intranet. Hal ini bertujuan untuk menjaga sebuah informasi yang penting agar tidak semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah.
Biasanya intranet di gunakan dalam internal perusahaan, kantor, Intranet kemeperin, bahkan WARNET dapat juga di golongkan sebagai intranet.
Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh
2. Dasar-dasar System Jjaringan di Internet dan Intranet

Jaringan Internet   

   Internet merupakan jaringan rangkaian komputer dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia. Internet berguna untuk kita berkomunikasi dan bertukar informasi, file,data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia diseluruh dunia. Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.
     
      Jaringan Intranet
          Intranet merupakan sebuah jaringan yang dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalam nya terdapat basis arsitektur berupa aplikasi web dan teknologi komunikas data. Intranet juga menggunakan protokol TCP/IP. Protokol ini memungkikan suatu komputer mengirimdan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan dengan tanpa kurang apa pun.

 
   3.   Kecepatan Akses Internet

Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. Terdapat dua macam kecepatan akses internet, yaitu downstreamdan upstream. Downstream merupakan kecepatan pada saat kita mengambil data – data dari server internet ke komputer kita. Misalnya, saat kita masuk ke search engine, browsing, dan lain – lain. Adapun upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server. Baik downstream maupun upstream memiliki satuan kecepatan transfer data yaitu bps bit per sekon. Artinya, banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain tiap detiknya.
Kecepatan akses internet dihitung dari jumlah data yang dikirim dalam satuan waktu. Jika kita mengirim 1kb file/detik, berarti kita telah mengirim 1.000 byte, dengan 1 byte = 8 bit maka data yang dikirim sama dengan 8.000 bit = 8 kbps kilo bit per sekon. Untuk satuan yang lebih besar mengggunakan Mbps mega bit per sekon berarti 1000 kbps.

4. mengidentifikasi Perangkat Keras yang digunakan dalam Akses Internet dan Intranet

1.    Perangkat Komputer Pribadi (Personal Computer) Perangkat keras yang paling utama
digunakan untuk koneksi internet adalah seperangkat komputer dengan spesifikasi tertentu yang mendukung akses internet, yaitu komputer dengan processor pentium 133 Mhz, RAM berkecepatan 32 MB dan harddisk 5 GB. 2. Modem (Modulator Demodulator) Modem merupakan perangkat yang saat ini paling banyak digunakan untuk melakukan koneksi ke internet, khususnya melalui saluran telepon. Modem digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Terdapat 2 jenis modem, yaitu modem internal dan modem ekternal.

a.    Modem internal : 
merupakan modem yang tergabung pada bagian komputer. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot pada CPU. 
Keuntungan modem internal : 
      – Lebih hemat tempat  
      – Harga lebih murah dibanding dengan modem eksternal  
      – Tidak menggunakan adaptor, sehingga sistem terkesan lebih rapi . 
Kelemahan modem internal :    
– Tidak adanya indikator, sehingga agak sulit memantau status modem                         
– Modem internal mengambil sumber dari power supply, sehingga panas dari komponen-komponen modem akan menambah suhu dalam CPU.   

b. Modem Eksternal : 
adalah Modem yang terpisah dari perangkat komputer, untuk menggunakannya modem harus dihubungkan dengan kabel ke komputer. Salah satu keuntungan modem ekternal adalah mudah dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain karena terpisah dari komputer. 
2. NIC NIC (Network Interface Card) biasa juga disebut Lancard atau cardlan adalah perangkat yang nantinya menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Perangkat ini mempunyai MAC ( Media Access Control ) atau card address yang terdiri dari 12 bit angka dimana tiap card akan unik (beda) dengan card yang lainnya. Untuk mulai menggunakan internet minimal kita membutuhkan satu buah komputer, modem dan line telepon. Kita juga harus mendaftarkan diri ke Internet Service Provider (ISP)
untuk mendapatkan software dan akses ke internet.

3. Media transmisia. 
a. Twisted Pair Kabel ini biasa disebut dengan UTP( Unshield Twisted Pair ) / 10BaseT. merupakan kabel yang digunakan untuk menghubungkan
internet dalam satu jaringan

b. Coaxial Kabel Koaksial memiliki perlindungan yang lebih baik dibanding dengan twisted pair, sehingga kabel tersebut bisa digunakan untuk jarak yang lebih jauh pada kecepatan tinggi. Konstruksi dan lapisan pelindung kabel koaksial memberikan kombinasi yang baik antara bandwidth yang besar dan imunitas noise yang istimewa. 


4. Hub Secara sederhana, 
   hub adalah perangkat penghubung. Pada jaringan bertopologi star, hub adalah perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik (dalam hal ini komputer yang sudah memasang NIC) bergabung menjadi satu jaringan. Pada jaringan sederhana, salah satu port pada hub terhubung ke komputer server. Bisa juga hub tak langsung terhubung ke server tetapi juga ke hub lain, ini terutama terjadi pada jaringan yang cukup besar. Hub memiliki 4 – 24 port plus 1 port untuk ke server atau
hub lain


5. Bridge & Switch Bridge  
    adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama. Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan melintasi bridge. Switch adalah perluasan dari konsep bridge, Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store-and-forward. Switch cut-through memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuannya sebelum meneruskan ke segmen tujuan. Switch store-and-forward, kebalikannya, menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan. Waktu yang diperlukan untuk memeriksa satu paket memakan waktu, tetapi ini memungkinkan switch untuk mengetahui adanya kerusakan pada paket dan mencegahnya agar tak mengganggu jaringan.

5. Berbagai Cara Untuk Memperoleh Sambungan Internet

A.  Pengertian  
     ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyak tumbuh. Karena teknologi ini “paling murah”. Tidak perlu membangun jaringan kabel, mudah  dipindahkan, tidak ada biaya ijin dan lain-lain.Lalu gimana sebenarnya kerja internet dengan adanya ISP ini?            ISP terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange, interkoneksi. Sebagian besar ISP memerlukan upstream. ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi. 
B.  Prosedur berlangganan :            
     Pelanggan yang berlangganan dengan sebuah ISP harus mengikuti aturan-aturan berlangganan yang ditetapkan oleh ISP tersebut. Biasanya masing-masing ISP memiliki kebijakan-kebijakan tersendiri namun pada umumnya ISP-ISP tersebut melarang pelanggan untuk menggunakan koneksi internet untuk keperluan-keperluan yang negative dan melanggar hukum.            
   Kita mungkin sudah kenal dengan Telkomnet instant, produk layanan internet ini adalah salah satu produk internet yang sudah cukup lama hadir di masyarakat. Pemakai sangat gampang dalam melakukan koneksi ke internet, cukup sediakan sebuah modem yang terhubung ke PC dan line telepon, pelanggan langsung bisa melakukan koneksi dengan mudah, cukup dial nomer tertentu masukkan username dan password, beres.Tipe layanan dari ISP biasanya dapat kita kategorikan menjadi 2 bagian yaitu : 
1.   Dial on demand Internet 
     Dial on demand ini adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet.Contoh layanan internet dial on demand adalah : Telkomnet instant dari Telkom, layanan-layanan dial up dari ISP yang lain, juga beberapa layanan dari ISP wireless local. 
2. Dedicated Internet 
       Pelanggan yang menggunakan dedicated internet akan terhubung terus dengan internet 24/7. Sistem pembayaran dari layanan ini juga biasanya dilakukan per bulan dimana pelanggan akan membayar sesuai dengan paket yang ditawarkan, baik selama sebulan tersebut pengguna memang benar menggunakan internet 24 jam penuh atau tidak. Sistem dedicated ini biasanya mahal, dan biasanya untuk menekan biaya langganan, ISP memberikan beberapa metode untuk menekan harga misalnya dengan membatasi jumlah data yang boleh didownload dan diupload oleh pelanggan selama 1 bulan.Jumlah batasan data ini biasanya disebut dengan quota.Contoh layanan internet dedicated internet adalah layanan-layanan dari Channel 11, ERA AKSES, Speedy dari Telkom dan layanan-layanan dari ISP wireless local.Bisa melalui :  
a.      Melalui Jaringan  
b.    Melalui GPRS 
c.    Melalui Wi-Fi  
d.    Menggunakan Jaringan TV Kabel 
e.    Menggunakan Wireless Broadband (WiBro) 
f.     Melalui Saluran Telepon Langsung (Dial Up) 
g.    Kabel data Modem HP 
h.    Bluetooth Modem HP 
i.       Wireless LAN 
j.      .    V-SAT 
k.      PCMCIA 
l.       Modem UH 
m.   Modem Power 
n.     USB Wirless modem GSM/CDMA
BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan  

         Setelah disusunya makalah ini dapat disimpulkan bahwa :

 1. Karena sangat pentingnya komunikasi dalam kehidupan kita maka sangat penting pula alat komunikasi dalam kehidupan kita di masa kini. 
2. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi maka layanan informasi dan komunikasipun semakin cepat dan mudah. Hal tersebut menuntut manusia untuk memiliki alat komunikasi yang mendukung semua itu.

 3. Selain media elektronik dan media cetak dengan perkembangannya, jaringan seluler dan internet merupakan alat komunikasi masa kini yang lebih maju dalam perkembangannya.  

B.     Saran  

        Bertolak dari betapa pentingnya teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini karena perkembangannya yang begitu pesat, penyusun memberikan saran sebagai berikut : 
1. Adanya lab komputer di sekolah untuk praktek TIK, agar siswa bisa lebih memahami tentang pelajaran TIK 2. Penggunaan perangkat yang ada untuk mendemonstrasikan atau mempraktekkansetiap materi TIK karena     kalau hanya materi kami tidak begitu paham.



Demikianlah Artikel TUGAS MAKALAH TIK (KOMPUTER)

Sekianlah artikel TUGAS MAKALAH TIK (KOMPUTER) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel TUGAS MAKALAH TIK (KOMPUTER) dengan alamat link https://www.kumpulancontohteks.com/2018/12/tugas-makalah-tik-komputer.html

0 Response to "TUGAS MAKALAH TIK (KOMPUTER)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel